Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat Kursi


Ayat Kursi

Kakandayonik - Ayat Kursi Salah satu ayat dalam Al-quran yang paling terkenal dan banyak dihafal oleh umat Islam di seluruh dunia adalah Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah ayat ke-255 dari Surah Al-Baqarah dalam Al-Quran. Ayat ini sering kali dijadikan sebagai doa perlindungan dari segala macam bahaya dan ancaman yang bisa mengancam kita sehari-hari.

Berikut adalah teks dari Ayat Kursi dalam bahasa Arab beserta artinya:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


"Allahu laa ilaaha illa huwa al-hayyu al-qayyoom. Laa taakhudhuhu sinatun wa laa naum. Lahu maa fee as-samawaati wa maa fee al-ardh. Man dhal-ladhi yashfa’u ‘indahu illa bi-idhnihi. Ya’lamu maa baina aydeehim wa maa khalfahum. Wa laa yuheetoona bi shay-in min ilmihi illa bi-maa shaa. Wasi’a kursiyyuhu as-samawaatu wa al-ardh. Wa laa ya’ooduhu hifdhuhumaa wa huwa al-‘aliyul-‘adheem."

Artinya sebagai berikut:

"Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, yang Hidup, yang memelihara dan mengurus segala sesuatu di atas langit dan bumi. Tidak ada kantuk dan tidak pula tidur yang meliputi-Nya, dan segala apa yang ada di langit dan di bumi milik-Nya. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di hadapan-Nya tanpa izin-Nya? Dia mengetahui segala sesuatu dalam keadaan yang nyata, baik yang ada di masa lampau, masa kini, maupun yang akan datang, dan tidak seorangpun dari makhluknya dapat mengetahui suatu hal pun kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia-lah Yang Maha Tinggi, Maha Besar."

Ayat Kursi Merupakan Doa Perlindungan


Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang menunjukkan kekuasaan dan kebesaran Allah Swt. Ayat Kursi juga mengandung doa perlindungan yang sangat kuat dalam menjaga diri kita dari segala macam bahaya dan ancaman. Oleh karena itu, membaca Ayat Kursi pada saat pagi dan malam hari sangat disarankan oleh Nabi Muhammad saw.

Menurut beberapa hadis, doa Ayat Kursi memiliki beberapa manfaat untuk orang yang memperdengarkannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • 1. Ayat Kursi dapat menjaga seseorang dari kejahatan setan.
  • 2. Ayat Kursi dapat menjaga seseorang dari pencurian dan perampokan.
  • 3. Ayat Kursi dapat menjaga seseorang dari bahaya kemalangan seperti kecelakaan atau bencana alam.
  • 4. Ayat Kursi dapat membawa ketenangan dan kedamaian hati bagi seseorang.
Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menghafal Ayat Kursi dan membacanya dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Ayat Kursi bukan hanya sekadar doa perlindungan, namun juga mengandung ajaran tentang kebesaran dan kekuasaan Allah Swt yang patut kita renungkan dan jadikan sebagai pegangan hidup sehari-hari.